Rabu, 28 September 2016

SILABUS PEMBELAJARAN Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas VII SMTR 1

Tags

PERANGKAT PEMBELAJARAN
Silabus pembelajaran Mata Pelajaran                   : Teknologi Informasi dan
   Komunikasi (TIK)
Satuan Pendidikan             : SMP/MTs.Kelas/Semester                   : VII / 1 Nama Guru                                    : ...........................
NIP/NIK                             : ..........................
Sekolah                                : ...........................

Silabus pembelajaran


Sekolah                                   :  SMP Manba’ul Hikmah
Kelas                                        :  VII (tujuh)
Mata Pelajaran                      :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Semester                                  :  1 (satu)
Standar Kompetensi             :  1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1. 1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Ø  Mengamati peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab. komputer, sekolah dan sekitarnya

Ø  Menemukan informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Ø  Mengamati tayangan peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan di berbagai bidang  kehidupan
Ø  Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang


Ø  Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Tes tertulis






Tes Tertulis
Uraian







Uraian
Tunjukkanlah gambar  yang termasuk  peral-atan teknologi informasi dan sebutkan nama peralatannya.

Jelaskan fungsi dari faximail!
1 x 40
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.),
buku paket, lembar kerja
1.2. Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang

Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
Ø  Mendiskusikan tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi

Ø  Melakukan studi pustaka  tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi

Ø  Melihat tayangan tentang perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Ø  Membuat kesimpulan tentang perkem bangan teknologi informasi dan komunikasi dari tayangan
Ø  Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi


Ø  Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi  beserta fungsinya
Tes tertulis






Ter tertulis
Uraian/ pilihan ganda





Uraian
Jelaskan berbagai penemuan yang terkait dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi!

Deskripsikanlah  fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan perkembangan penemuannya!
2 x 40
Perangkat TIK (komputer, telepon/  hand-phone, faximail, multi media dll.),
buku paket, lembar kerja
1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
Peran teknologi informasi dan komunikasi
Ø  Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang

Ø  Melakukan studi pustaka tentang peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan

Ø  Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan

Ø  Menyebutkan  peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan

Ø  Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
Tes tertulis





Tes tertulis
Uraian






Uraian


Sebutkan  peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan!

Jelaskanlah peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari!
1 x 40
Media cetak, kehidupan sehari-hari,
tampilan visual (gambar, video dll.)

1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Ø  Mengamati keuntungan  penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan di berbagai bidang

Ø  Melakukan studi pustaka tentang berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Ø  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Ø  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi
Tes tertulis







Tes tertulis
Uraian








Uraian
Sebutkanlah keuntungan- keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi!

Sebutkanlah berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi!
1 x 40
Media cetak, kehidupan sehari-hari,
tampilan visual (gambar, video dll.)

1.5. Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Ø  Mengidentifikasi dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari hari  dan di  berbagai bidang
Ø  Melakukan studi pustaka tentang dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Ø  Mengamati tayangan tentang dampak negatif pengunaan teknologi informasi dan komunikasi
Ø  Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan

Ø  Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan
Tes tertulis








Tes tertulis
Uraian









Uraian
Sebutkanlah dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari!



Sebutkanlah dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan!

1 x 40
Media cetak, kehidupan sehari-hari,
tampilan visual (gambar, video dll.)

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)




Silabus pembelajaran


Sekolah                                   :  ................................
Kelas                                        :  VII (tujuh)
Mata Pelajaran                      :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Semester                                  :  1 (satu)
Standar Kompetensi             :  2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur

Mengaktifkan komputer
Ø  Melakukan pengamatan terhadap perangkat keras yang berfungsi untuk mengaktifkan komputer

Ø  Mengamati demontrasi cara mengaktifkan komputer

Ø  Mempraktikkan  menyalakan komputer

Ø  Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer


Ø  Melakukan proses ”cold boot


Ø  Melakukan proses ”warm boot
Tes praktik (kinerja)





Tes praktik (kinerja)


Tes praktik (kinerja)
Tes Identifikasi






Tes uji kerja



Tes uji kerja

Tunjukkanlah tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer!


Aktifkanlah komputer melalui proses ”coldboot”!

Aktifkanlah komputer melalui proses ”warmboot”!
1 x 40
Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja
2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur

Mematikan komputer
Ø  Mengamati demontrasi mematikan komputer




Ø  Mempraktikkan mematikan komputer dengan berbagai cara
Ø  Mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur

Ø  Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur
Tes praktik (kinerja)




Tes praktik (kinerja)

Tes uji kerja





Tes uji kerja





Matikanlah komputer menggunakan fungsi perintah!



Matikanlah komputer dengan menggunakan fungsi tombol pada hardware!
1 x 40
Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja
2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis
Sistem operasi
Pengelolaan  file dan folder
Ø  Mempraktekkan penggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM) untuk mengatur tampilan

Ø  Menggunakan  file manager untuk mengelola file dan folder
(Membuat folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file)
Ø  Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM)



Ø  Menggunakan  file manager untuk mengelola file dan folder
(Membuat folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file)
Tes praktik (kinerja)




Tes praktik (kinerja)

Tes uji kerja






Tes uji kerja

Aktifkan Shortcut pada desktop!
Aktifkan menu pada menu taskbar!

Buatlah folder pada My document!
4 x 40
Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

____________, ________________

Mengetahui,                                                                                                                                                                                Guru  Mata Pelajaran
Kepala SMP ___________________



_______________________.                                                                                                                                                                                                                                                                                             ____________________.
NIP/NIK                                                                                                                                                                        NIP/NIK



EmoticonEmoticon