PERANGKAT PEMBELAJARAN
Silabus pembelajaran Mata
Pelajaran : Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK)
Satuan Pendidikan :
SMP/MTs.Kelas/Semester : VII / 1 Nama Guru :
...........................
NIP/NIK :
..........................
Sekolah :
...........................
Silabus pembelajaran
Sekolah : SMP Manba’ul Hikmah
Kelas : VII (tujuh)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi :
1. Memahami penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran *
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1. 1. Mengidentifikasi
berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
|
Peralatan teknologi informasi dan
komunikasi
|
Ø Mengamati peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab.
komputer, sekolah dan sekitarnya
Ø Menemukan informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang perangkat
teknologi informasi dan komunikasi
Ø Mengamati tayangan peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang
digunakan di berbagai bidang kehidupan
|
Ø Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai
bidang
Ø Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
|
Tes tertulis
Tes Tertulis
|
Uraian
Uraian
|
Tunjukkanlah gambar yang termasuk peral-atan teknologi informasi dan sebutkan
nama peralatannya.
Jelaskan fungsi dari faximail!
|
1 x 40
|
Perangkat TIK (komputer, telepon/
hand-phone, faximail, multi media dll.),
buku paket, lembar kerja
|
1.2.
Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari
masa lalu sampai sekarang
|
Sejarah perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi
|
Ø Mendiskusikan tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi
Ø Melakukan studi pustaka tentang
sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
Ø Melihat tayangan tentang perkembangan perangkat teknologi informasi dan
komunikasi
Ø Membuat kesimpulan tentang perkem bangan teknologi informasi dan
komunikasi dari tayangan
|
Ø Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi
Ø Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya
|
Tes tertulis
Ter tertulis
|
Uraian/ pilihan ganda
Uraian
|
Jelaskan berbagai penemuan yang
terkait dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi!
Deskripsikanlah fungsi peralatan teknologi informasi dan
komunikasi sesuai dengan perkembangan penemuannya!
|
2 x 40
|
Perangkat TIK (komputer,
telepon/ hand-phone, faximail, multi
media dll.),
buku paket, lembar kerja
|
1.3. Menjelaskan peranan
teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
|
Peran teknologi informasi dan
komunikasi
|
Ø Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan
sehari-hari di berbagai bidang
Ø Melakukan studi pustaka tentang peran teknologi informasi dan komunikasi
dalam kehidupan
Ø Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di
dalam kehidupan
|
Ø Menyebutkan peran teknologi
informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan
Ø Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan
sehari-hari
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
|
Sebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di
berbagai bidang kehidupan!
Jelaskanlah peranan teknologi
informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari!
|
1 x 40
|
Media cetak, kehidupan sehari-hari,
tampilan visual (gambar,
video dll.)
|
1.4.
Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi
dan komunikasi
|
Keuntungan
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
|
Ø Mengamati keuntungan penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan di berbagai bidang
Ø Melakukan studi pustaka tentang berbagai keuntungan
penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
|
Ø Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan
perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Ø Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan
produk dari teknologi informasi dan komunikasi
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
|
Sebutkanlah keuntungan- keuntungan
penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi!
Sebutkanlah berbagai keuntungan
penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi!
|
1 x 40
|
Media cetak,
kehidupan sehari-hari,
tampilan visual (gambar,
video dll.)
|
1.5.
Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi
dan komunikasi
|
Dampak negatif dari penggunaan
teknologi informasi dan komunikasi
|
Ø Mengidentifikasi dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi dalam kehidupan sehari hari
dan di berbagai bidang
Ø Melakukan studi pustaka tentang dampak negatif penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi
Ø Mengamati tayangan tentang dampak negatif pengunaan teknologi informasi
dan komunikasi
|
Ø Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan
Ø Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
|
Sebutkanlah dampak negatif
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari!
Sebutkanlah dampak negatif
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang
dihasilkan!
|
1 x 40
|
Media cetak, kehidupan sehari-hari,
tampilan visual (gambar, video dll.)
|
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
Silabus pembelajaran
Sekolah : ................................
Kelas : VII (tujuh)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi :
2. Mengenal operasi dasar
peralatan komputer
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran *
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur
|
Mengaktifkan
komputer
|
Ø
Melakukan
pengamatan terhadap perangkat keras yang berfungsi untuk mengaktifkan
komputer
Ø
Mengamati
demontrasi cara mengaktifkan komputer
Ø
Mempraktikkan menyalakan komputer
|
Ø
Mengidentifikasi
tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer
Ø
Melakukan
proses ”cold boot”
Ø
Melakukan
proses ”warm boot”
|
Tes praktik
(kinerja)
Tes praktik
(kinerja)
Tes praktik
(kinerja)
|
Tes Identifikasi
Tes uji kerja
Tes uji kerja
|
Tunjukkanlah tombol-tombol yang
digunakan untuk mengaktifkan komputer!
Aktifkanlah komputer melalui
proses ”coldboot”!
Aktifkanlah komputer melalui
proses ”warmboot”!
|
1 x 40
|
Perangkat komputer, buku paket,
lembar kerja
|
2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur
|
Mematikan
komputer
|
Ø
Mengamati
demontrasi mematikan komputer
Ø
Mempraktikkan
mematikan komputer dengan berbagai cara
|
Ø
Mematikan
komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur
Ø
Mematikan
komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur
|
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik
(kinerja)
|
Tes uji kerja
Tes uji kerja
|
Matikanlah komputer menggunakan fungsi
perintah!
Matikanlah komputer dengan menggunakan fungsi
tombol pada hardware!
|
1 x 40
|
Perangkat komputer, buku paket,
lembar kerja
|
2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis
|
Sistem operasi
Pengelolaan file dan folder
|
Ø Mempraktekkan penggunakan sistem
operasi (misalnya WindowsTM)
untuk mengatur tampilan
Ø
Menggunakan file
manager untuk mengelola file dan folder
(Membuat
folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder
lain, mengganti nama file)
|
Ø
Menggunakan
sistem operasi (misalnya WindowsTM)
Ø
Menggunakan file
manager untuk mengelola file
dan folder
(Membuat
folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder
lain, mengganti nama file)
|
Tes praktik
(kinerja)
Tes praktik
(kinerja)
|
Tes uji kerja
Tes uji kerja
|
Aktifkan Shortcut pada desktop!
Aktifkan menu pada menu taskbar!
Buatlah folder pada My document!
|
4 x 40
|
Perangkat komputer, buku paket, lembar
kerja
|
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
____________,
________________
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP
___________________
_______________________.
____________________.
NIP/NIK NIP/NIK
EmoticonEmoticon