Silabus pembelajaran
Sekolah : ................................
Kelas : VII (tujuh)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi :
3. Mempraktekkan keterampilan
dasar komputer
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran *
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3. 1.
Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer
|
Perangkat keras (hardware)
Ø Alat input
Ø Alat Proses
Ø Alat Output
Ø Alat penyim pan data
|
Ø Melihat visualisasi tentang perangkat keras
Ø Mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input, proses dan
output.
Ø Mengidentifikasi perangkat keras
yang berfungsi sebagai alat input, proses dan output.
Ø Mengamati alat-alat yang dapat digunakan untuk menyimpan data melalui
gambar atau benda konkrit.
|
Ø Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input
Ø Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses
Ø Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.
Ø Mengidentifikasi media penyimpan data.
|
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
|
Tes identifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
|
Tunjukkanlah perangkat komputer yang
berfungsi sebagai alat input!
Tunjukkanlah perangkat komputer
yang berfungsi sebagai alat proses!
Tunjukkanlah perangkat komputer
yang berfungsi sebagai alat output!
Tunjukkanlah perangkat komputer
yang berfungsi sebagai media penyimpanan!
|
2 x 40
|
Perangkat komputer, buku paket,
lembar kerja, media penyimpanan
|
3.2.
Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi
|
Perangkat lunak aplikasi (Application Software )
|
Ø Mengamati program aplikasi yang ter-install
di komputer
Ø Menemukan berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata
Ø Menemukan berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah
angka
Ø Menemukan berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah
grafis
Ø Menemukan berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis presentasi/multi-media
Ø Melakukan studi pustaka tentang perangkat lunak
|
Ø Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis
pengolah kata
Ø Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis
pengolah angka
Ø Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis
pengolah grafis
Ø Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis
presentasi/multi-media
|
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
|
Tes identifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
|
Tunjukkanlah perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah
kata yang terinstal di komputer!
Tunjukkanlah perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah
angka yang terinstal di komputer!
Tunjukkanlah perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah
grafis yang terinstal di komputer!
Tunjukkanlah perangkat lunak program aplikasi berbasis
presentasi/multi media yang ter-install
di komputer!
|
2 x 40
|
Perangkat komputer, buku paket,
lembar kerja
|
3.3.
Mengidentifikasi kegunaan dari beberapa program aplikasi
|
Kegunaan program aplikasi
|
Ø Melakukan studi pustaka tentang kegunaan program aplikasi
Ø Mengamati tayangan hasil produk penggunaan perangkat lunak aplikasi
melalui media visual
Ø Mengamati contoh-contoh hasil karya program aplikasi
|
Ø Menyebutkan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis
pengolah kata
Ø Menyebutkan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis
pengolah angka
Ø Menyebutkan berbagai kegunaan
perangkat lunak program aplikasi
pengolah grafis
Ø Menyebutkan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi presentasi/ multimedia
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian/
Uraian
Pilihan ganda
Uraian
|
Sebutkanlah kegunaan program
pengolah kata!
Sebutkanlah kegunaan program
pengolah angka!
Program aplikasi yang dapat
digunakan untuk membuat poster merupakan program pengolah ....
a.
kata
b.
angka
c.
grafis
d.
presentasi
Sebutkanlah kegunaan program
presentasi!
|
2 x 40
|
Perangkat komputer, buku paket,
lembar kerja, multi media
|
3.4.
Mempraktikan satu program aplikasi
|
Menu dan shortcut program aplikasi
|
Ø Menemukan menu dan shortcut program
aplikasi pada taskbar dan desktop
Ø Menampilkan shortcut program aplikasi pada taskbar dan desktop
Ø Mempraktikan satu program aplikasi
|
Ø Mengidentifkasi menu dan shortcut program
aplikasi pada taskbar dan desktop
Ø Mempraktikkan satu program
aplikasi
|
Tes praktik (kinerja)
Tes
Unjuk kerja
|
Tes identifikasi
Tes uji kerja
|
Tunjukkanlah menu dan shortcut program aplikasi pada taksbar dan desktop!
Aktifkanlah salah satu program
aplikasi yang terinstall di komputer!
|
2 x 40
|
Perangkat komputer, buku paket,
lembar kerja
|
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
____________,
________________
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP
___________________
_______________________. ____________________.
NIP/NIK NIP/NIK
EmoticonEmoticon