Silabus pembelajaran
Sekolah :
.............................................
Kelas : VIII
(delapan)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan
Komunikasi
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi :
1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran *
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1. Mengidentifikasi menu
dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata
|
Tampilan menu dan ikon pada pengolah kata
Ø Tampilan menu dan ikon pada menu
bar
(file,
edit, view, format, tool, table, window, help)
Ø Tampilan menu dan ikon pada toolbar
standard
Ø Tampilan menu dan ikon
pada toolbar formatting
Ø Tampilan menu dan ikon pada toolbar drawing
|
Ø Mengamati tampilan menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata
Ø Menemukan nama menu dan ikon pada menu
bar, toolbar standard, formatting menu dan toolbar drawing
Ø Melakukan simulasi mencocokkan menu dan ikon sesuai dengan toolbarnya
|
Ø Mengidentifikasi menu dan ikon pada menu
bar
Ø Mengidentifikasi menu
dan ikon pada toolbar standard
Ø Mengidentifikasi menu dan ikon pada formatting
menu
Ø Mengindentifikasi menu dan ikon pada toolbar
drawing
|
Tes
praktik (kinerja)
Tes
praktik (kinerja)
Tes
praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
|
Tes identifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
|
Tunjukkanlah dan sebutkan nama
perintah menu dan ikon pada menu bar!
Tunjukkanlah dan sebutkan nama
perintah menu dan ikon pada toolbar
standard!
Tunjukkanlah dan sebutkan nama
perintah menu dan ikon pada toolbar formatting!
Tunjukkanlah dan sebutkan nama
perintah menu dan ikon pada toolbar
drawing!
|
1 x 40
|
Komputer,
buku paket,
lembar kerja
|
1.2.
Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata
|
Fungsi Menu dan Ikon
Ø Fungsi menu dan ikon pada menu bar
(file,
edit, view, format, tool, table, window, help)
Ø Fungsi menu dan ikon pada toolbar
standard
Ø Fungsi menu dan ikon pada toolbar
formatting
Ø Fungsi menu dan Ikon pada toolbar
drawing
|
Ø Mengamati
menu dan ikon pada menu bar, toolbar
standard, toolbar formatting dan toolbar drawing.
Ø Melakukan studi pustaka tentang menu dan ikon pada program pengolah kata
Ø Mencocokkan menu dan ikon sesuai dengan fungsinya
|
Ø Menjelaskan menu dan ikon pada menu
bar
Ø Menjelaskan menu dan ikon pada toolbar
standard
Ø Menjelaskan menu dan ikon pada toolbar
formatting
Ø Menjelaskan menu dan ikon pada toolbar
drawing
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
Jelaskan fungsi dari menu Edit pada menu bar!
Jelaskan fungsi dari ikon Paste pada
toolbar standard!
Jelaskan fungsi dari ikon bold pada toolbar formatting!
Jelaskan fungsi dari ikon Text Box pada toolbar drawing!
|
1 x 40
|
Komputer,
buku paket,
lembar kerja
|
1.3.
Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangka lunak pengolah kata
|
Cara menggunakan Menu dan Ikon
Ø Cara menggunakan menu dan Ikon pada menu
bar
(file,
edit, view, format, tool, table, window, help)
Ø Cara
menggunakan menu dan Ikon pada toolbar
standard
Ø Cara menggunakan menu dan Ikon pada toolbar
formatting
Ø Cara menggunakan menu dan Ikon pada toolbar
drawing
|
Ø Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada menu bar
Ø Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada toolbar standard
Ø Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada toolbar formatting
Ø Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada toolbar drawing
|
Ø Menggunakan menu dan ikon pada menu
bar
Ø Menggunakan menu dan ikon pada toolbar
standard
Ø Menggunakan menu dan ikon pada toolbar
formatting
Ø Menggunakan menu dan ikon pada toolbar
drawing
|
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
|
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
|
Praktikkanlah cara menggunakan menu
dan ikon pokok pada pada menu bar!
Praktikkanlah cara menggunakan menu
dan ikon pokok pada pada toolbar standard!
Praktikkanlah
cara menggunakan menu dan ikon pokok
pada pada toolbar formatting!
Praktikkanlah cara menggunakan menu
dan ikon pokok pada pada toolbar drawing!
|
2 x 40
|
Komputer,
buku paket,
lembar kerja
|
1.4. Membuat dokumen pengolah kata sederhana
|
Ø
Membuat
dokumen baru
Ø
Format
teks
Ø
Edit
teks
Ø
Format
paragraf
Ø
Penyisipan
objek
Ø
Format
halaman
Ø
Mencetak
dokumen
|
Ø
Membuat
dokumen baru
Ø
Membuat
dokumen dengan berbagai format teks
Ø
Melakukan
edit teks pada dokumen
Ø
Membuat
dokumen dengan berbagai format paragraf
Ø
Membuat
dokumen dengan menyisipkan objek
Ø
Membuat
dokumen dengan memformat halaman
Ø
Mencetak
dokumen
|
Ø
Membuat
dokumen baru
Ø
Melakukan
format teks
Ø
Mengedit
teks
Ø
Mengatur
format paragraf
Ø
Menyisipkan
objek
Ø
Mengatur
format Halaman
Ø
Mencetak
dokumen/berkas
|
Tes praktik
(kinerja)
Tes praktik
(kinerja)
Tes praktik
(kinerja)
Tes praktik
(kinerja)
Tes praktik
(kinerja)
Tes praktik
(kinerja)
Tes praktik
(kinerja)
|
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
|
Buatlah dokumen pengolah kata baru!
Buatlah dokumen pengolah kata dengan
melakukan format teks!
Editlah dokumen yang telah kamu buat
dengan cara menghapus, menyalin data dan menambahkan teks!
Lakukanlah pengaturan paragraf
terhadap dokumen pengolah kata yang
telah kamu buat!
Buatlah dokumen pengolah kata dengan
menyipsikan objek Clip Art dan WordArt!
Buatlah dokumen pengolah kata dengan
melakukan pengaturan halaman!!
Cetaklah dokumen yang telah kamu
buat dengan ukuran kertas folio!
|
8 x 40
|
Komputer,
buku paket,
lembar kerja
|
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
___________,
________________
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP
___________________
_______________________.
____________________.
NIP/NIK NIP/NIK
Silabus pembelajaran
Sekolah :
...............................................
Kelas : VIII
(delapan)/
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan
Komunikasi
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi :
2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran *
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2. 1. Mengidentifikasi menu
dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka
|
Tampilan menu dan ikon:
Ø Tampilan menu dan ikon pada menu
bar
(file,
edit, view, format, tool, data, window, help)
Ø Tampilan menu dan ikon pada toolbar
standard
Ø Tampilan menu dan ikon
pada toolbar formatting
Ø Tampilan menu dan ikon pada toolbar drawing
|
Ø Mengamati tampilan menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka
Ø Menemukan nama menu dan ikon pada menu bar, toolbar standard, toolbar formatting dan toolbar drawing
Ø Melakukan simulasi mencocokkan menu dan ikon sesuai dengan toolbarnya
|
Ø Mengidentifikasi menu dan ikon pada menu
bar
Ø Mengidentifikasi menu dan ikon pada toolbar
standard
Ø Mengidentifikasi menu dan ikon pada toolbar
formatting
Ø Mengindentifikasi menu dan ikon pada toolbar
drawing
|
Tes
praktik (kinerja)
Tes
praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
|
Tes identifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
|
Tunjukkanlah dan sebutkan nama
perintah menu dan ikon pada menu bar!
Tunjukkanlah dan sebutkan nama
perintah menu dan ikon pada toolbar standard!
Tunjukkanlah dan sebutkan nama
perintah menu dan ikon pada toolbar formatting!
Tunjukkanlah dan sebutkan nama
perintah menu dan ikon pada toolbar drawing!
|
1 x 40
|
Komputer,
buku paket,
lembar kerja
|
2.2. Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka
|
Fungsi Menu dan Ikon
Ø Fungsi menu dan ikon pada menu bar
(file, edit, view, format, tool, data, window, help)
Ø Fungsi menu dan ikon pada toolbar
standard
Ø Fungsi menu dan ikon pada toolbar
formatting
Ø Fungsi menu dan Ikon pada toolbar
drawing
|
Ø Mengamati
menu dan ikon pada menu bar, toolbar
standard, toolbar formatting dan toolbar drawing.
Ø Melakukan
studi pustaka tentang menu dan ikon pada program
Ø pengolah angka
Ø Mencocokkan menu dan ikon sesuai dengan fungsinya
|
Ø Menjelaskan menu dan ikon pada menu
bar
Ø Menjelaskan menu dan ikon pada toolbar
standard
Ø Menjelaskan menu dan ikon pada toolbar
formatting
Ø Menjelaskan menu dan ikon pada toolbar
drawing
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
Jelaskan fungsi dari menu Format cell pada menu bar!
Jelaskan fungsi dari ikon Auto Sum
pada toolbar standard!
Jelaskan fungsi dari ikon Merge and
Center pada toolbar formatting!
Jelaskan fungsi dari ikon Arrow pada
perangkat lunak pengolah kata yang ter-install!
|
1 x 40
|
Komputer,
buku paket,
lembar kerja
|
2.3.
Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangka lunak pengolah angka
|
Cara menggunakan Menu dan Ikon
Ø Cara menggunakan menu dan Ikon pada menu
bar
(file,
edit, view, format, tool, data, window, help)
Ø Cara
menggunakan menu dan Ikon pada toolbar
standard
Ø Cara menggunakan menu dan Ikon pada toolbar
formatting
Ø Cara menggunakan menu dan Ikon pada toolbar
drawing
|
Ø Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada menu bar
Ø Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada toolbar standard
Ø Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada toolbar formatting
Ø Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada toolbar drawing
|
Ø Menggunakan menu dan ikon pada menu
bar
Ø Menggunakan menu dan ikon pada toolbar
standard
Ø Menggunakan menu dan ikon pada toolbar
formatting
Ø Menggunakan menu dan ikon pada toolbar
drawing
|
Tes
praktik (kinerja)
Tes
praktik (kinerja)
Tes
praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
|
Tes uji kerja
Uji prosedur
Tes uji kerja
Tes uji kerja
|
Praktikkanlah cara menggunakan menu
dan ikon pokok pada pada menu bar!
Praktikkanlah cara menggunakan menu
dan ikon pokok pada pada toolbar standard!
Praktikkanlah
cara menggunakan menu dan ikon pokok
pada pada toolbar formatting!
Praktikkanlah cara menggunakan menu
dan ikon pokok pada pada toolbar drawing!
|
2 x 40
|
Komputer,
buku paket,
lembar kerja
|
2.4. Membuat dokumen pengolah angka
sederhana
|
Ø
Membuat
dokumen baru
Ø
Pengaturan
lebar kolom dan tinggi baris
Ø
Letak
data
Ø
Pengaturan
tampilan Border
Ø
Pengeditan
kolom dan baris
Ø
Penyisipan
Objek
Ø
Format
Bilangan
Ø
Rumus
dan Fungsi
Ø
Pengaturan
Halaman
Ø
Mencetak
dokumen
|
Ø
Membuat
dokumen baru
Ø
Membuat
dokumen dengan mengatur lebar kolom dan baris
Ø
Meletakkan
data pada dokumen
Ø
Mengatur
border pada dokumen
Ø
Mengedit
kolom dan baris pada worksheet
Ø
Membuat
spreadsheet dengan menyisip objek
Ø
Membuat
dokumen dengan menggunakan berbagai format bilangan
Ø
Membuat
dokumen dengan menggunakan berbagai rumus dan fungsi bilangan
Ø
Mengatur
halaman pada dokumen
Ø
Mencetak
dokumen
|
Ø
Membuat
dokumen baru
Ø Mengatur lebar kolom dan tinggi baris
Ø
Meletakkan
data
Ø
Mengatur
tampilan Border
Ø
Mengedit
kolom dan baris
Ø
Menyisipkan
objek
Ø
Mengatur
format bilangan
Ø
Menggunakan
rumus dan fungsi
Ø
Mengatur
Halaman
Ø
Mencetak
dokumen
|
Tes praktik
(kinerja)
Tes praktik
(kinerja)
Tes praktik
(kinerja)
Tes praktik
(kinerja)
Tes praktik
(kinerja)
Tes praktik
(kinerja)
Tes praktik
(kinerja)
Tes praktik
(kinerja)
Tes praktik
(kinerja)
Tes praktik
(kinerja)
|
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja dan
produk
Tes uji kerja dan
produk
Tes uji kerja dan
produk
|
Buatlah dokumen baru berupa tabel
sederhana!
Lakukanlah pengaturan lebar kolom
dan tinggi baris dengan menyesuaikan datanya!
Letakan data sesuai dengan jenis
datanya!
Buatlah garis tabel sesuai dengan
datanya!
Hapuslah kolom yang tidak diperlukan
pada sebuah tabel dan sisipkan kolom baru untuk menambarh data kolom pada
tabel tersebut!
Buatlah karya tabel dengan
menyisipkan berbagai objek untuk dapat dipublikasikan!
Formatlah kolom ”jumlah” yang
terdapat pada tabel menggunakan format mata uang rupiah!
Buatlah Daftar gaji karyawan
menggunakan rumus dan fungsi!
Lakukanlah pengaturan halaman dari
karya yang telah dibuat disesuaikan dengan ukuran kertasnya!
Lakukanlah pengaturan pencetakan
sesuai dengan jenis printer dan cetaklah karya yang telah dibuat.
|
8 x 40
|
Komputer, buku paket,
lembar kerja
|
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
____________,
________________
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP
___________________
_______________________.
____________________.
NIP/NIK NIP/NIK
EmoticonEmoticon