Rabu, 28 September 2016

SILABUS TIK KELAS IX

Tags

Silabus pembelajaran


Sekolah                                   :  ......................................
Kelas                                        :  IX (sembilan)
Mata Pelajaran                      :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Semester                                  :  1 (satu)              
Standar Kompetensi             :  1.Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/intranet

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1.    Menjelaskan 
       pengertian
       Internet/   
       Intranet

Pengertian internet/ intranet
Ø  Melakukan studi pustaka tentang  dasar-dasar sistem jaringan internet/intranet
Ø  Mengamati tayangan tentang:
      -internet
      -intranet

Ø  Menjelaskan pengertian:
      -intranet
      -internet





Tes tertulis





Uraian







Jelaskan pengertian internet!

Jelaskan pengertian intranet!

1 x 40

Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku paket,
tayangan

1.2.Mendeskripsi-
      kan dasar-
      dasar sistem
       jaringan di
       Internet/    
       Intranet

Dasar-dasar jaringan internet/ intranet
Ø  Mengamati visualisasi tentang dasar-dasar sistem jaringan:

Ø  Mengamati tayangan tentang:
-internet
-intranet

Ø  Menjelaskan  dasar-dasar sistem jaringan:
-internet
-intranet

Ø  Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan:
-internet
-intranet
Tes tertulis




Tes tertulis
Uraian





Uraian
Jelaskan tentang jaringan:
-internet
-intranet


Jelaskan tentang jaringan:
-internet
-intranet

1 x 40

Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku paket,
tayangan
1.3.  Mengenal
       ukuran
       kecepatan
       akses Internet











1.4. Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses internet/Intranet
Ukuran kecepatan akses internet













Persyaratan perangkat keras internet/intranet
Ø  Mengamati demonstrasi akses internet dengan mengukur kecepatan akses.

Ø  Melakukan studi pustaka tentang ukuran kecepatan akses internet




Ø  Mengemati perangkat keras untuk keperluan akses internet/intranet yang terdapat di lab. komputer (melalui tayangan)
Ø  Mencocokkan peralatan yang digunakan internet/intranet sesuai diagram jaringan
Ø  Melakukan studi pustaka tentang fungsi dan perangkat yang digunakan akses internet
 
Ø  Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet




Ø  Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan



Ø  Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet




Ø  Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya untuk keperluan akses internet


Ø  Mengidentifikasi fungsi dan perangkat yang digunakan akses internet
Tes tertulis





Tes praktik (kinerja)






Tes praktik (kinerja)





Tes praktik (kinerja)




Tes praktik (kinerja)

Uraian/
pilihan ganda





Tes indentifikasi








Tes identifikasi






Tes identifikasi






Tes identifikasi
Jelaskan ukuran kecepatan akses internet!




Indetifikasikan ukuran kecepatan akses internet sesuai dengan koneksi internet yang tersedia!


Tunjukkanlah perangkat keras yang digunakan internet/ intranet!



Tunjukanlah peralatan yang digunakan internet dan sebutkan fungsinya!

Tunjukkan peralatan yang digunakan internet!
2 x 40

















4 x 40
Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku paket,













Komputer, koneksi internet, lembar kerja, buku paket
1.5. Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet/Intranet
Penyambungan Internet/Intranet
Ø  Melakukan studi pustaka tentang tatacara penyambung-an internet
Ø  Mengamati tayang simulasi. penyambungan internet
Ø  Melakukan sambungan Internet/Intranet melalui koneksi yang terdapat di lab. Komputer.
Ø  Menjelaskan beberapa cara sambungan internet/intranet


Ø  Melakukan sambungan  Internet menggunakan Dial-up (Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit).
Tes tertulis





Tes praktik (kinerja)







Uraian






Tes uji kerja
Jelaskan tata cara penyambungan internet menggunakan dial-up

Lakukan penyambungan internet menggunakan Dial-up (Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit)!
4 x 40
Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku paket,
tayangan 
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)



____________, ________________

Mengetahui,                                                                                                                                                                 Guru  Mata Pelajaran
Kepala SMP ___________________


_______________________.                                                                                                                                                                                                                                                                                             ____________________.
NIP/NIK                                                                                                                                                                        NIP/NIK




Silabus pembelajaran




Sekolah                                   :  ................................
Kelas                                        :  IX (sembilan)
Mata Pelajaran                      :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Semester                                  :  2 (dua)               
Standar Kompetensi             :  2. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2. 1. Mendemontrasikan akses internet  sesuai dengan prosedur

Akses internet
Ø  Perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet






Ø  Penulisan nama domain







Ø  Search engine


Ø  Mengamati dan menemukan perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet yang terdapat di lab. Komputer


Ø  Mencoba mengakses situs internet dengan mengetikkan nama domain pada address bar pada perangkat lunak yang digunakan

Ø  Melakukan pelacakan alamat Web melalui search engine


Ø  Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet






Ø  Mengidentifikasi nama domain internet







Ø  Melakukan pelacakan alamat Web melalui search engine

Observasi









Tes
Praktik (kinerja)






Tes
Praktik (kinerja)


Lembar observasi








Tes uji kerja








Tes uji kerja

Tunjukkanlah perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet!




Akseslah situs komersial, pemerintah, organisasi, dan pendidikan yang ada di internet!


Carilah situs tentang  penjualan komputer!

4 x 40

Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku paket
2.2. Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di internet

Ø  Layanan Internet (http, chatting, email, download, upload dan mailing list)

Ø  Menemukan layanan yang ada di internet


Ø  Menemukan manfaat layanan internet

Ø  Melakukan studi pustaka tentang layanan informasi dan manfaatnya di internet

Ø  Mengidentifikasi layanan yang ada di internet


Ø  Mengidentifikasi manfaat layanan internet



Observasi




Tes tertulis



Lembar observasi



Uraian




Tunjukkanlah  layanan yang terdapat di internet!

Jelaskan manfaat layanan internet!

4 x 40
Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku paket
2.3. Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi yang bermanfaat
Ø  Men-download informasi dari internet





Ø  Pengolahan informasi dari internet

Ø  Melakukan pencarian informasi dengan mengakses internet




Ø  Melakukan proses download dengan mengambil beberapa informasi yang diperlukan

Ø  Mengolah  informasi hasil download yang diperoleh menggunakan program yang sesuai
Ø  Men-download informasi






Ø  Mengelolah informasi menggunakan program aplikasi
Penugasan individual atau kelompok




Penugasan individual atau kelompok


Proyek







Proyek
Carilah beberapa informasi yang terdapat di internet, download informasinya dan olah informasi tersebut dengan menggunakan program aplikasi yang sesuai
4 x 40
Komputer, koneksi internet,
lembar kerja, buku paket
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Keterangan:
* Sesuai dengan standar proses,  pelaksanaan pembelajaran terdiri atas  kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Pada silabus ini kegiatan pembelajaran hanya berisi  kegiatan inti.                                                                                                                                                                                                   

Mengetahui,                                                                                                                                                                         ____________, ________________
Kepala SMP ___________________                                                                                                                    Guru  Mata Pelajaran
                                                                                                                                                                                       


_______________________.                                                                                                                                                                                                                                                                                             ____________________.
NIP/NIK                                                                                                                                                                        NIP/NIK



EmoticonEmoticon