Silabus pembelajaran
Sekolah : ......................................
Kelas : IX (sembilan)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi :
1.Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/intranet
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran *
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1.
Menjelaskan
pengertian
Internet/
Intranet
|
Pengertian internet/ intranet
|
Ø Melakukan studi pustaka tentang
dasar-dasar sistem jaringan internet/intranet
Ø Mengamati tayangan tentang:
-internet
-intranet
|
Ø Menjelaskan pengertian:
-intranet
-internet
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian internet!
Jelaskan pengertian intranet!
|
1 x 40
|
Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku paket,
tayangan
|
1.2.Mendeskripsi-
kan dasar-
dasar sistem
jaringan di
Internet/
Intranet
|
Dasar-dasar
jaringan internet/ intranet
|
Ø Mengamati visualisasi tentang dasar-dasar sistem jaringan:
Ø Mengamati tayangan tentang:
-internet
-intranet
|
Ø Menjelaskan dasar-dasar sistem
jaringan:
-internet
-intranet
Ø Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan:
-internet
-intranet
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
|
Jelaskan tentang jaringan:
-internet
-intranet
Jelaskan tentang jaringan:
-internet
-intranet
|
1 x 40
|
Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku paket,
tayangan
|
1.3.
Mengenal
ukuran
kecepatan
akses Internet
1.4. Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses
internet/Intranet
|
Ukuran
kecepatan akses internet
Persyaratan perangkat
keras internet/intranet
|
Ø Mengamati demonstrasi akses internet dengan mengukur kecepatan akses.
Ø Melakukan studi pustaka tentang ukuran kecepatan akses internet
Ø Mengemati perangkat keras untuk keperluan akses internet/intranet yang terdapat di lab. komputer (melalui
tayangan)
Ø Mencocokkan peralatan yang digunakan internet/intranet sesuai diagram
jaringan
Ø Melakukan studi pustaka tentang fungsi dan perangkat yang digunakan akses
internet
|
Ø Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet
Ø Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang
digunakan
Ø Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
Ø Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
Ø Mengidentifikasi fungsi dan perangkat yang digunakan akses internet
|
Tes tertulis
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
|
Uraian/
pilihan ganda
Tes indentifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
|
Jelaskan ukuran kecepatan akses
internet!
Indetifikasikan ukuran kecepatan
akses internet sesuai dengan koneksi internet yang tersedia!
Tunjukkanlah perangkat keras yang
digunakan internet/ intranet!
Tunjukanlah peralatan yang digunakan
internet dan sebutkan fungsinya!
Tunjukkan peralatan yang digunakan
internet!
|
2 x 40
4 x 40
|
Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku paket,
Komputer, koneksi internet, lembar
kerja, buku paket
|
1.5. Melakukan
berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet/Intranet
|
Penyambungan
Internet/Intranet
|
Ø Melakukan studi pustaka tentang tatacara penyambung-an internet
Ø Mengamati tayang simulasi. penyambungan internet
Ø Melakukan sambungan Internet/Intranet
melalui koneksi yang terdapat di lab. Komputer.
|
Ø Menjelaskan beberapa cara sambungan internet/intranet
Ø Melakukan sambungan Internet
menggunakan Dial-up (Saluran
komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau
Satelit).
|
Tes tertulis
Tes praktik (kinerja)
|
Uraian
Tes uji kerja
|
Jelaskan tata cara penyambungan
internet menggunakan dial-up
Lakukan penyambungan internet
menggunakan Dial-up (Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave
Line (2 Mbps) atau Satelit)!
|
4 x 40
|
Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku paket,
tayangan
|
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
____________,
________________
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP
___________________
_______________________.
____________________.
NIP/NIK NIP/NIK
Silabus pembelajaran
Sekolah : ................................
Kelas : IX (sembilan)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi :
2. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran *
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2. 1.
Mendemontrasikan akses internet sesuai
dengan prosedur
|
Akses
internet
Ø
Perangkat
lunak yang digunakan untuk mengakses internet
Ø
Penulisan
nama domain
Ø Search engine
|
Ø Mengamati dan menemukan perangkat lunak yang digunakan untuk
mengakses internet yang terdapat di lab. Komputer
Ø Mencoba mengakses situs internet dengan mengetikkan nama domain
pada address bar pada perangkat lunak
yang digunakan
Ø
Melakukan
pelacakan alamat Web melalui search
engine
|
Ø
Mengidentifikasi
perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet
Ø Mengidentifikasi nama domain internet
Ø
Melakukan
pelacakan alamat Web melalui search
engine
|
Observasi
Tes
Praktik (kinerja)
Tes
Praktik (kinerja)
|
Lembar observasi
Tes uji kerja
Tes uji kerja
|
Tunjukkanlah perangkat lunak yang
digunakan untuk mengakses internet!
Akseslah situs komersial,
pemerintah, organisasi, dan pendidikan yang ada di internet!
Carilah situs tentang penjualan komputer!
|
4 x 40
|
Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku paket
|
2.2.
Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di internet
|
Ø Layanan Internet (http, chatting,
email, download, upload dan mailing list)
|
Ø
Menemukan
layanan yang ada di internet
Ø
Menemukan
manfaat layanan internet
Ø
Melakukan
studi pustaka tentang layanan informasi dan manfaatnya di internet
|
Ø
Mengidentifikasi
layanan yang ada di internet
Ø
Mengidentifikasi
manfaat layanan internet
|
Observasi
Tes tertulis
|
Lembar observasi
Uraian
|
Tunjukkanlah layanan yang terdapat di internet!
Jelaskan manfaat layanan internet!
|
4 x 40
|
Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku paket
|
2.3. Mengakses beberapa
situs untuk memperoleh informasi yang bermanfaat
|
Ø
Men-download informasi dari internet
Ø
Pengolahan
informasi dari internet
|
Ø
Melakukan
pencarian informasi dengan mengakses internet
Ø
Melakukan
proses download dengan mengambil
beberapa informasi yang diperlukan
Ø
Mengolah informasi hasil download yang diperoleh
menggunakan program yang sesuai
|
Ø
Men-download informasi
Ø Mengelolah informasi menggunakan
program aplikasi
|
Penugasan individual atau kelompok
Penugasan individual atau kelompok
|
Proyek
Proyek
|
Carilah beberapa informasi yang
terdapat di internet, download informasinya dan olah informasi tersebut
dengan menggunakan program aplikasi yang sesuai
|
4 x 40
|
Komputer, koneksi internet,
lembar kerja, buku paket
|
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
Keterangan:
*
Sesuai dengan standar proses,
pelaksanaan pembelajaran terdiri atas
kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Pada silabus ini kegiatan
pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.
Mengetahui,
____________, ________________
Kepala SMP
___________________ Guru Mata Pelajaran
_______________________. ____________________.
NIP/NIK NIP/NIK
EmoticonEmoticon